Widget HTML Atas

Download Buku Bahasa Arab Ma Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Edisi Terbaru

Secara filosofis, mata pelajaran PAI yang diajarkan bertujuan mendekatkan pencapaian kepada generasi kaffah (cerdas intelektual, spiritual dan mental) jalan menuju pencapaian itu tentu tidak sebentar, tidak gampang dan tidak asal - asalan namun tidak juga tidak mungkin dicapai. Pencapaian ultimate goal (tujuan puncak) membentuk generasi kaffah tersebut membutuhkan ikhtiar terpola (planned), strategis dan berkelanjutan (sustainable).

Kurikulum 2013 sebagai kurikulum penyempurna kurikulum 2006 (KTSP) diyakini shahih sebagai “modal” terpola dan strategis mendekati tujuan pendidikan Islam. Salah satu upaya membumikan isi K-13 ialah dengan menyediakan sumber berguru yakni buku, baik buku guru maupun buku siswa. Buku Kurikulum 2013 mengalami perbaikan terus menerus (baik dalam hal tataletak (layout) maupun content (isi) substansi).

Berikut ini kami sajikan untuk anda Buku MA  Bahasa Arab Kelas 12 Kurikulum 2013 revisi 2016 (Buku Pegangan Guru dan Buku Pegangan siswa silahkan anda download pada link yang telah tersedia dibawah ini

Mata pelajaran bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan perilaku kasatmata terhasap bahasa Arab, baik reseptif maupun produktif. Kemampuan reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan memakai bahasa sebagai alat komunikasi baik secara mulut maupun secara tertulis.

Kemampuan berbahasa Arab serta perilaku kasatmata terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber pedoman Isalam yaitu Al-Qur’an dan al-hadis, serta kitab- kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi penerima didik.

Untuk itu, bahasa Arab di Madrasah Aliyah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar berbahasa, yang meliputi empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Meskipun begitu, pada tingkat pendidikan dasar dititikberatkan pada kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan berbahasa.

Pada tingkat pendidikan menengah, keempat kecakapan berbahasa diajarkan secara seimbang. Pada tingkat pendidikan lanjut, dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan menulis, sehingga penerima didik dibutuhkan bisa mengakses aneka macam tumpuan berbahasa Arab.

Mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah mempunyai tujuan sebagai berikut:

  • Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik mulut maupun tulis yang meliputi empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah). 
  • Menumbuhkan kesadaran perihal pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa absurd untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber pedoman Islam
  • Mengembangkan pemahaman perihal saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, penerima didik dibutuhkan mempunyai wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya. 
Mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah terdiri atas materi yang berupa wacana mulut dan goresan pena berbentuk paparan atau obrolan perihal perkenalan, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja, kesehatan, akomodasi umum, pariwisata, kisahkisah Islam, wawasan Islam, hari-hari besar Islam dan tokohtokoh Islam untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu  menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. 



Download Juga :
Contoh RPP Bahasa Arab kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi Pembelajaran Abad 21, PPK, Literasi dan Hots

Perangkat RPP Bahasa Arab kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi Pembelajaran Abad 21, PPK, Literasi dan Hots Lenggkap Full Semester (Semester Ganjil & Semester Genap)

Tidak ada komentar untuk "Download Buku Bahasa Arab Ma Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Edisi Terbaru"