Widget HTML Atas

Silabus Seni Budaya Sekolah Menengah Pertama (Smp) Terbaru

KATA pendidikan khususnya sebagai guru/pendidik, tentunya sangat dekat sekali dengan istilah Silabus, akan tetapi bagi sahabat guru guru yang kebetulan gres menjadi guru maka pemahaman akan arti silabus sebagai salah satu perangkat pembelajaran tentu saja sangat perlu untuk dipahami adapun efektifitas dalam pembelajaran itu sanggup dicapai dengan baik serta sesuai dengan peraturan yang sudah di tetapkan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22/24 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah bahwasannya perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi.

Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat evaluasi pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP diadaptasi pendekatan pembelajaran yang digunakan.

Silabus dalam pembelajaran yaitu planning pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, acara pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

BERIKUT KAMI LAMPIRKAN BEBERAPA CONTOH KIKD MENURUT PERMENDIKBUD TAHUN 2016 NO 024 antara lain sebagai berikut:

CONTOH KIKD Sekolah Menengah Pertama SENI BUDAYA KELAS 7
memahami pengetahuan (faktual,
  • konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata  
  • mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 

KOMPETENSI DASAR
  • memahami unsur, prinsip, teknik  dan mekanisme menggambar flora, fauna dan alam benda dengan banyak sekali bahan 
  • memahami prinsip dan mekanisme menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias 
  • memahami mekanisme penerapan ragam hias pada materi buatan 
  • memahami mekanisme penerapan ragam hias pada materi alam 
  • menggambar flora, fauna, dan alam benda  
  • menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadiragam hias 
  • membuat karya dengan  berbagai motif ragam hias pada materi buatan  
  • membuat karya dengan banyak sekali motif ragam hias pada  bahan alam 

Silabus berisikan komponen pokok yang sanggup menjawab pertanyaan berikut :
Kompetensi yang akan ditanamkan kepada akseptor didik melalui suatu acara pembelajaran
acara yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki akseptor didik

1.  Prinsip Pengembangan Silabus
Dalam pengembangan Silabus, terdiri dari beberapa prinsip, di antaranya :
Ilmiah . Keseluruhan materi dan acara yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan sanggup dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
Relevan.  Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual akseptor didik.
Sistematis. Komponen-komponen silabus  saling bekerjasama secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
Konsisten. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
Memadai.  Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem evaluasi cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
Aktual dan Kontekstual.  Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem evaluasi memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan bencana yang terjadi.
Fleksibel.  Keseluruhan komponen silabus sanggup mengakomodasi keragaman akseptor didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
Menyeluruh.  Komponen silabus meliputi keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).
2. Unit Waktu Silabus
Silabus mata pelajaran disusun menurut seluruh alokasi waktu yang disediakan untuk mata pelajaran selama penyelenggaraan pendidikan d tingkat  satuan pendidikan.
Penyusunan silabus memperhatikan alokasi waktu yang disediakan per semester, per tahun, dan alokasi waktu mata pelajaran lain yang sekelompok.
Implementasi pembelajaran per semester memakai serpihan silabus  sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk mata  pelajaran dengan alokasi waktu yang tersedia pada struktur kurikulum. Khusus untuk  SMK/MAK memakai serpihan silabus menurut  satuan kompetensi.
3. Pengembang Silabus
Pengembangan silabus  dapat dilakukan oleh para guru secara berdikari atau berkelompok dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan. Berbagai cara/langkah dalam pengembangan silabus di antaranya yaitu :
Disusun secara berdikari oleh guru apabila guru yang bersangkutan bisa mengenali karakteristik siswa, kondisi sekolah dan lingkungannya.
 Apabila guru mata pelajaran alasannya sesuatu hal belum sanggup melakukan pengembangan silabus secara mandiri, maka pihak sekolah sanggup mengusahakan untuk membentuk kelompok guru mata pelajaran untuk berbagi silabus yang akan dipakai oleh sekolah tersebut.
Di SD/MI semua guru kelas, dari kelas I hingga dengan kelas VI, menyusun silabus secara bersama. Di SMP/MTs untuk mata pelajaran IPA dan IPS terpadu disusun secara bersama oleh guru yang terkait.

Sekolah yang belum bisa berbagi silabus secara mandiri, sebaiknya bergabung dengan sekolah-sekolah lain melalui lembaga MGMP/PKG untuk tolong-menolong berbagi silabus yang akan dipakai oleh sekolah-sekolah dalam lingkup MGMP/PKG setempat.
Dinas Pendidikan setempat sanggup memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru berpengalaman di bidangnya masing-masing.
4. Komponen-Komponen Silabus
Silabus dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terdiri dari beberapa komponen, sebagai berikut:

download rpp dan silabus terbaru kurikulum 2013 revisi 2017

RPP DAN SILABUS SD K13 REVISI 2017
RPP DAN SILABUS SMP K13 REVISI 2017
RPP DAN SILABUS MTS K13 REVISI 2017
RPP DAN SILABUS SMA K13 REVISI 2017
RPP DAN SILABUS MA K13 REVISI 2017
RPP DAN SILABUS SMK K13 REVISI 2017
RPP DAN SILABUS MAK K13 REVISI 2017

Standar kompetensi mata pelajaran yaitu batas dan arah kemampuan yang harus dimiliki dan sanggup dilakukan oleh akseptor didik sesudah mengikuti proses pembelajaran suatu mata pelajaran tertentu, kemampuan yang sanggup dilakukan atau ditampilkan siswa untuk suatu mat pelajaran, kompetensi dalam mata pelajaran tertentu yang harus dimiliki siswa, kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan dalam dalam suatu mata pelajaran tertentu. Standar Kompetensi terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 perihal Standar Isi.
Kompetensi dasar yaitu kemampuan minimal pada tiap mata pelajaran yang harus dicapai siswa. Kompetensi dasar dalam silabus berfungsi untuk mengarahkan guru mengenai sasaran yang harus dicapai dalam pembelajaran.Misalnya, bisa menuntaskan diri dengan lingkungan dan sebagainya.Kompetensi Dasar terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 perihal Standar Isi.

Materi pokok yaitu pokok-pokok materi yang harus dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar dan yang akan dinilai dengan memakai instrumen evaluasi yang disusun menurut indikator  pencapaian belajar.Secara umum  materi pokok sanggup diklasifikasikan menjadi empat jenis,yaitu  fakta,konsep,prisip,dan prosedur.

Kegiatan pembelajaran yaitu bentuk atau tumpuan umum acara pembelajaran yang akan dilaksanakan.Strategi pembelajaran meliputi acara  tatap muka dan non tatap muka (pengalaman belajar).
Alokasi waktu yaitu waktu yang dibutuhkan untuk menguasai masing-masing kompetensi dasar.
Penilaian yaitu jenis, bentuk, dan instrumen yang dipakai untuk mengetahui atau mengukur keberhasilan berguru siswa.
Sarana dan sumber berguru yaitu sarana dan sumber berguru yang dipakai dalam proses berguru mengajar.
Mengembangkan silabus dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut:

DOWNLOAD BAHAN AJAR PPT TERBARU REVISI 2017
  • Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
  • Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran
Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar
Demikian informasi yang sanggup kami sampaikan, gampang simpel sanggup membantu dan bermanfaat, untuk infi detail rpp yang kami sediajan silahkan kunjungi website resmi kami di baca juga ,,,,,…

Tidak ada komentar untuk "Silabus Seni Budaya Sekolah Menengah Pertama (Smp) Terbaru"