Widget HTML Atas

100+ Contoh Soal Pedagogik Lengkap dengan Kunci Jawaban

100+ Contoh Soal Pedagogik Lengkap dengan Kunci Jawaban -  Soal Pedagogik ini bisa anda gunakan untuk persiapan test PPPK, CPNS maupun UKG. Sebagaimana yang diketahui bahwa Pedagogik adalah ilmu yang harus dimiliki seorang tenaga pendidik tentang bagaimana caranya membimbing siswa, tugas, dan tujuan mendidik siswa.

Bagi anda yang sedang mencari referensi guna keperluan pembelajaran menjelang Ujian Kompetensi Guru, test PPPK maupun CPNS, terkhusus pada kompetensi pedagogik. Anda berada di artikel yang tepat. 

Download Contoh Soal PPPK 2021 Lengkap

Bagi guru TK/PAUD/SMP/SMA/MTs yang ingin mempelajarinya secara offline pun sudah kami sediakan dalam bentuk soal Pdf. Bisa di print out maupun di akses lewat android dan PC. Anda bisa mengunduh filenya diakhir artikel ini (klik disini untuk langsung ke akhir artikel).

100 Soal Pedagogik dan Kunci Jawabannya

Berikut ada 100 (seratus) contoh soal pedagogik yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Namun demikian, admin harap Bapak/Ibu tidak langsung percaya dengan kunci jawaban yang disediakan. Alahkah bijaknya jika Bapak/Ibu juga mengkoreksi jawaban tersebut apakah sudah benar atau belum.

1. Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010-2014, untuk dapat memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah ini, kecuali .....:

a. ICT Sebagai Substansi Pendidikan,

b. Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan,

c. Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan,

d. Alat Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan Infrastruktur Pendidikan. 

e. Pengembangan bakat dan daya kreatifitas siswa

Jawaban : E


2. Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun meraka berada. Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini, pengguna dapat pula mengarsipkan surat-surat  yang diangap penting dengan menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan....

a. Teleconverence

b. Email

c. Website

d. Chatting

e. Browsing

Jawaban : B


3. Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;dan memfasilitasi peserta didik melakukan per cobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan...............

a. Elaborasi 

b. Eksplorasi

c. Konfirmasi 

d. Browsing

e. Contextual teaching learning

Jawaban : B


4. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ........

a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

b. Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

c. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

d. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

e. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar

Jawaban : B


5. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut ....

a. Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik 3.respons peserta didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.

b. Reaksi guru terhadap respons peserta didik; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 3. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4. respons peserta didik untuk merespons;

c. Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2. respons peserta didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik

d. Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2. respons peserta didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik.

e. 1. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 2. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3. respons peserta didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.

Jawaban : E


6. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....

a. Metode pembelajaran

b. Pendekatan pembelajaran 

c. Strategi pembelajaran

d. Gaya pembelajaran

e. Kemampuan belajar

Jawaban : C


7. Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-gaktor di bawah ini …. 

a. Intake Siswa

b. Tingkat kesulitan

c. Sarana pendukung

d. Bakat dan Minat siswa

e. Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung

Jawaban : E


8. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

a. fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap

b. fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma

c. fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur

d. fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur 

e. konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi

Jawaban : B


9. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….

a. kompetensi dasar

b. standar kompetensi 

c. indikator

d. metode pembelajaran

e. sumber belajar

Jawaban : A


10. Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar :

1. potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah

2. tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta didik

3. kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran

4. kemampuan guru dan ketersediaan referensi

5. relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu

6. dana yang tersedia

Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu, guru harus memperhatikan antara lain nomor….

a. 1, 2, 3, 4 

b. 2, 3, 5, 6

c. 1, 2, 3, 5 

d. 1, 2, 4, 5 

e. 3, 4, 5, 6

Jawaban : B


11. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut……..

a. menentukan kriteria keberhasilan belajar

b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya

c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan d. merencanakan pengajaran remidi

e. mengadakan tes remidi

Jawaban : C


12. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:

a. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

b. memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi

c. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai

d. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi

e. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda

Jawaban : D


13. Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

a. Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan program perbaikan dan pengayaan

b. Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian

c. Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian

d. Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program perbaikan dan pengayaan

e. Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil penilaian

Jawaban : E


14. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegian refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….

a. mengukur ketuntasan peserta didik

b. mengukur efektivitas proses pembelajaran

c. mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik 

d. menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya

e. mengetahui materi yang belum terbahas dalam proses pembelajaran

Jawaban : B


15. Penilaian diatur dalam permendiknas RI Nomor …………..

a. Permendiknas RI Nomor 16 tahun 2007 

b. Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007 

c. Permendiknas RI Nomor 41 tagun 2007

d. Permendiknas RI Nomor 13 tahun 2007 

e. Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007

Jawaban : B


16. Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai peserta didik, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….

a. soal pilihan ganda

b. soal jawaban singkat 

c. soal uraian objektif

d. kriteria

e. tes performance

Jawaban : E


17. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….

a. memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas peserta didik

b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan ulangan akhir semester tiap peserta didik

c. mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar

d. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap peserta didik untuk melihat kesulitan peserta didik dalammemahami pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi

e. mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan tugas, gambar-gambar dan hasil ulangan tiap peserta didik

Jawaban : C


18. Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, harus memperhatikan….

a. substansi, konstruksi, bahasa

b. substansi, konstruksi, validitas, skor 

c. substansi, bahasa konstruksi, skor

d. substansi, validitas, bahasa, reliabilitas

e. substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas

Jawaban : E


19. Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah….

a. Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes, penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal

b. Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal, penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes

c. Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan norma, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian

d. Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian

e. Tes tertulis, tes lisan, tes praktik atau teskinerja, tugas proyek, portofolio

Jawaban : D


20. Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul adalah….

a. Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik, bahan laporan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran

b. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilaksanakan dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah

c. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran dan tanpa memperhatikan hasil penilaian oleh pendidik

d. Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN) dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan

e. Ujian sekolah mencakup semua mata pelajaran kelompok IPTEK, agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian

Jawaban : A


21. Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik meliputi aspek….

a. kepribadian, kognitif, afektif

b. kognitif, kepribadian, psikomotor 

c. afektif, kognitif, mental

d. kognitif, psikomotor, afektif

e. psikomotor, kognitif, minat

Jawaban : D


22. Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara…. 

a. guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran

b. guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung

c. guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar

d. guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

Jawaban : D


23. Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan dengan cara…..

a. memberikan penilaian terhadap aktivitas, tahap kemajuan dan hasil kerja siswa dari proses belajar di kelas maupun di luar kelas.

b. memberikan pre test maupun pos test secara tertulis setiap kali proses pembelajaran 

c. mengadakan ulangan harian rutin secara terjadwal

d. mengadakan ulangan harian tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada siswa 

e. mengadakan ulangan tengah semester dan akhir semester

Jawaban : B


24. Penilaian merupakan salah satu proses penting dalam penilaian. Prinsip-prinsip penilaian yang harus dipedomani adalah penilaian harus dilaksanakan secara….

a. sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, menyeluruh, terpadu, berkesinambungan, objektif, efisien dan efektif, sistematis, akuntabel

b. terbuka, bermakna, adil, sahih (valid), efisien dan efektif, menyeluruh, terpadu, akuntabel, menggunakan acuan norma

c. sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, objektif dan efisien, berkesinambungan, terpadu, menyeluruh

d. terbuka, adil, bermakna, menyeluruh, objektif, efektif dan efisien, terpadu, berkesinambungan, adil

e. sahih (valid), adil, objektif, terbuka, bermakna, menyeluruh, berkesinambungan, terpadu, sistematis, menggunakan acuan kriteria, akuntabel

Jawaban : E


26. Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran, hal yang harus dilakukan adalah :

a. Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan

b. Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran

c. Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.

d. Menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan

e. Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus yang telah disusun)

Jawaban : B


27. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran hal yang perlu diperhatikan adalah :

a. Alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan

b. SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus yang telah disusun)

c. Alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan

d. Kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran

e. Identifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus

Jawaban : B


28. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah :

a. Standar Kompetensi

b. Kompetensi Dasar

c. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran 

d. Kompetensi

e. Standar Kompetensi Lulusan

Jawaban : C


29. Kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester untuk mata pelajaran tertentu adalah :

a. Standar Kompetensi 

b. Kompetensi Dasar

c. Standar Kompetensi Mata Pelajaran

d. Kompetensi

e. Standar Kompetensi Lulusan

Jawaban : B


30. Dalam mengembangkan penilaian hendaknya memperhatikan prinsip berikut ini, KECUALI ..

a. Memandang penilaian dan kegiatan pembelajaran secara terpadu, sehingga penilaian berjalan bersama dengan proses pembelajaran

b. Mengembangkan tugas penilaian yang bermakna, terkait langsung dengan kehidpan nyata

c. Mengembangkan berbagai strategi yg mendorong dan memperkuat penilaian sebagai cermin diri

d. melakukan berbagai strategi penilaian di dalam program pembelelajaran untuk menyediakan berbagai jenis informasi tentang hasil belajar

e. Melakukan penilaian kelas secara acak terhadap SK dan KD

Jawaban : E


31. Menerapkan suatu prinsip (applying a principle), membuat model (model building), mengevaluasi (evaluating) , merencanakan (planning), memperhitungkan / meramalkan kemungkinan (extrapolating), meramalkan (predicting), menduga / mengemukan pendapat / mengambil kesimpulan (inferring) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir

a. Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)

b. Memproses (processing):

c. Menerapkan dan Mengevaluasi 

d. Perilaku yang Kreatif

e. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)

Jawaban : C


32. Dalam mengembangkan indikator hendaknya :

a. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi

b. Adanya keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;

c. Adanya keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.

d. Sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi

e. Memperhatikan rujukan, objek, dan/atau alat/bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Jawaban : D


33. Mengsintesisikan (synthesize), mengelompokkan (group), menjelaskan (explain), mengorganisasikan (organize), meneliti /melakukan eksperimen (experiment), membuat analog (make analogies), mengurutkan (sequence) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir

a. Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)

b. Memproses (processing):

c. Menerapkan dan Mengevaluasi 

d. Perilaku yang Kreatif

e. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)

Jawaban : B


34. Dalam menentukan materi pokok (lesson content) hendaknya mencakup sebagai berikut :

a. Berisikan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap atau fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang harus dipelajari siswa dalam rangka menguasi standar kompetensi dan kompetensi dasar.

b. Berisi garis besar model, pendekatan, strategi, metode, atau teknik pembelajaran yang digunakan yang memungkinkan siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, termotivasi, menaruh minat, tertantang untuk menemukan sendiri pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan yang harus dikuasai.

c. Berisi bagaimana proses dan hasil belajar akan dievaluasi atau dinilai.

d. Berisi alokasi waktu yang diperlukan untuk mempelajari setiap standar kompetensi.

e. Berisi bahan rujukan (literature) dan sumber belajar lainnya.

Jawaban : A


35. Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar hendaknya mempertimbangkan berikut ini, KECUALI

a. Potensi peserta didik;

b. Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik ;

c. Kebermanfaatan bagi pendidik/guru;

d. Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi pembelajaran;

e. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, khususnya dunia kerja;

Jawaban : C

36. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab


Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni 

b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

c. Menyeluruh dan berkesinambungan 

d. Beragam dan terpadu

e. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya

Jawaban : E


37. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja.

Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni 

b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

c. Menyeluruh dan berkesinambungan

d. Beragam dan terpadu

e. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya

Jawaban : B


38. Dalam menentukan tujuan khusus pembelajaran hendaknya memperhatikan berikut ini, KECUALI:

a. Tujuan khusus pembelajaran (objective) yang relevan dengan standar kompetensi/kompetensi dasar.

b. Tujuan khusus pembelajaran berisikan perumusan tentang pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diharapkan dikuasai siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran( learner oriented).

c. Tujuan khusus pembelajaran bisa menyangkut aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif.

d. Dalam merumuskan tujuan khusus pembelajaran perlu digunakan kata-kata yang operasional yaitu kata-kata yang teramati dan terukur (observable and measurable).

e. Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.

Jawaban : D


39. Merumuskan tujuan pembelajaran dilakukan

a. Setelah menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun

b. Setelah mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.

c. Setelah menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan

d. Setelah merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.

e. Setelah menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan

Jawaban : A


40. Dalam menentukan rencana implementasi kegiatan pembelajaran perlu memperhatikan hal berikut, KECUALI ………..

a. Tentukan model, pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran yang memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.

b. Strategi yang dipilih hendaknya menantang, memotivasi, mendorong minat siswa untuk secara mandiri menemukan sendiri pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang harus dikuasai (student centered learning).

c. Beberapa pendekatan yang dapat dipergunakan antara lain pembelajaran kontekstual, konstruktivisme, pembelajaran pemecahan masalah, pembelajaran individual, pembelajaran kooperatif, metode proyek, penugasan, dsb.

d. Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.

e. Tentukan rencana kegiatan yang perlu dilakukan guru (menyiapkan, memotivasi dan menarik perhatian siswa, manyajikan materi pelajaran baik secara suksesif maupun simultan menggunakan berbagai media dan metode dengan menerapkan prinsip perulangan, menugasi, memberikan umpan balik, memberikan tes, dan menentukan tindak lanjut (remedial dan pengayaan).

Jawaban : D


41. Guru profesional dituntut memahami karakteristik peserta didiknya agar dapat mencapai hasil yang optimal. Hal ini merupakan implementasi dari:

a. Kompetensi Kepribadian

b. Kompetensi Profesinal

c. Kompetensi Pardagogik 

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Akademik

Jawaban : C


42. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah .....

a. Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional.

b. Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa Inggris. 

c. Melakukan kegiatan pre test

d. Melakukan post test.

e. Melakukan ulangan harian dadakan atau spontanitas.

Jawaban : C


43. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :

1. Hindari saran dan pernyataan negatif yang dapat melemahkan semangat belajar siswa.

2. Ciptakan situasi kompetitif antar sesama siswa secara sehat.

3. Jatuhkan hukuman dan sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan siswa yang melanggar.

4. Berikan penghargaan yang tulus terhadap peringkat kelas.

Dari pernyataan tersebut di atas yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yang memiliki motivasi dan minat belajar rendah, adalah pernyataan :

a. 1 dan 2 

b. 1 dan 3 

c. 2 dan 3 

d. 3 dan 4

e. 1 dan 4

Jawaban : A


44. Pada setiap awal tahun pelajaran setiap guru membuat peta Kompetensi Dasar untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran.Dalam menentukan ketuntasan minimal setiap KD harus memperhatikan Intake Siswa.

Pernyataan berikut yang BUKAN faktor utama untuk menentukan Intake siswa adalah ....... 

a. Data hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru.

b. Nilai rapor kelas sebelumnya.

c. Tes seleksi masuk atau hasil tes psikologis. 

d. Nilai ujian Nasional bagi jenjang SMP.

e. Data pengelompokan sosial ekonomi orang tua

Jawaban : E


45. Pak Dedi menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya ternyata disebabkan cara belajar yang salah. Langkah yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah....

a. Berikan kesempatan kepada siswa bersangkutan untuk mendikusikan aspirasinya secara rasional.

b. Tunjukkan akibat atau dampak cara belajar yang salah terhadap prestasi belajar

c. Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan siswa di dalam kelas.

d. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar.

e. Ciptakan suasana yang kondusif sehingga tercipta kreatifitas siswa.

Jawaban : B


46. Perhatikan pernyataan berikut :

1. Faktor –faktor situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa

2. Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan ) umum terbatas/rendah

3. Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang tertentu.

4. Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar.

Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa adalah pernyataan....

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3 

c. 2 dan 3

d. 3 dan 4 

e. 4 dan 2

Jawaban : C


47. Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat, maka sekolah dalam memfasilitasi pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut harus memiliki fungsi ....

a. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan religius.

b. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi

c. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi dan ekonomis. 

d. Prestasi, rekreatif –kreatif, edukatif, dan produktif.

e. Prestasi, pengembangan, edukatif, dan ekonomis.

Jawaban : B


48. Agar potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal, maka dalam kegiatan pengembangan diri dapat difasilitasi melalui Bimbingan Konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler.

Dalam KTSP kegiatan pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling meliputi 4 hal ialah :

a. Layanan pribadi, sosial, belajar dan intelegensi. 

b. Layanan pribadi, sosial, karir dan intelegensi.

c. Layanan pribadi, sosial, karir dan belajar

d. Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan belajar. 

e. Layanan sosial, karir,intelegensi dan belajar.

Jawaban : C


49. Pembelajaran bermakna memerlukan usaha yang sungguh-sungguh dari siswa untuk menghubungkan konsep baru dengan konsep relevan yang telah dimiliki sebelumnya. Usaha guru untuk mengetahui konsep awal yang dimiliki siswa adalah dengan . . .

a. siklus belajar 

b. peta konsep

c. pembelajaran konsep 

d. struktur kognitif

e. pemrosesan informasI

Jawaban : B


50. Manakah diantara pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan model konstruktivis dalam mengajar?

a. Menyiapkan benda-benda nyata untuk dimanfaatkan siswa belajar. 

b. Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi.

c. Membiasakan siswa berpikir dengan cara mereka sendiri. 

d. Memberi tugas siswa untuk menghafal konsep tertentu*.

e. Menjelaskan suatu konsep secara detail.

Jawaban : D

51. Pembelajaran kontekstual dianggap pembalajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah . . .

a. membangkitkan minat siswa

b. merangsang siswa lebih aktif belajar

c. memberi kesempatan siswa berkreasi

d. membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan 

e. menantang siswa untuk selalu belajar

Jawaban : D


52. Indikator dalam RPP dikembangkan berdasarkan . . . 

a. standar kompetensi.

b. kompetensi dasar

c. materi pembelajaran. 

d. strategi pembelajaran. 

e. metode pembelajaran.

Jawaban : B


53. Bagaimana pendapat saudara bila menjumpai seorang rekan guru di sekolah yang menggunakan televisi sekolah untuk pembelajaran bahasa?

a. Setuju karena dapat melatih siswa mengamati gerak bibir presenter.

b. Sangat setuju karena televisi adalah media pembelajaran yang menyenangkan. 

c. Kurang setuju karena acara televisi sering tidak atau kurang mendidik.

d. Setuju dan tidak setuju bergantung pada kompetensi yang hendak dicapai dalam pembelajaran

e. Sangat tidak setuju karena dapat memecah perhatian siswa dalam mengikuti pembalajaran.

Jawaban : D


54. KTI hasil penelitian tindakan kelas (PTK) makin banyak dipakai sebagai kegiatan pengembangan profesi guru, hal ini karena…………, KECUALI ……………..

a. Para guru memahami bahwa salah satu tujuan kegiatan pengembangan profesi, adalah dilakukannya kegiatan nyata di kelasnya. Dan ditujukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajarannya. Bagi sebagian besar guru, melakukan kegiatan seperti itu, sudah biasa dilakukan

b. Kegiatan PTK, harus dilaksanakan dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmiah, karena hanya dengan cara itu, mereka akan dapat mengembangan profesinya.

c. Kegiatan PTK dapat berupa pelaksanaan penelitian tindakan di dalam kelas yang diyakini makin layak untuk menjadi prioritas pada kegiatan pembelajaran, tindakan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan “menguji atau menerapkan” hal-hal baru” dalam praktik pembelajarannya.

d. Banyak inovasi baru dalam pembelajaran, terutama dalam praktik pembelajaran (misalnya penerapan teori konstruktivistik dalam upaya mendukung pelaksanaan KBK) memerlukan verifikasi maupun penerapan dalam proses pembelajaran.

e. Sebagian besar guru yang telah mencapai golongan IV/a ke atas

Jawaban : E


55. Standar Nasional Pendidikan Republik Indonesia terdapat dalam …….

a. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 

b. Permendikan Nomor 22 Tahun 2006

c. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 

d. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007

e. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005

Jawaban : E


56. Seorang guru mampu Mampu merancang pembelajaran, memahami landasan pendidikan

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian 

c. Kompetensi Professional 

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : A


57. Seorang guru mampu Mampu melaksanakan pembelajaran

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Professional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : A


58. Seorang guru mampu Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian 

c. Kompetensi Professional 

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : A


59. Seorang guru mampu Memfasilitasi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Professional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Kewirausahaan

Jawaban : A


60. Seorang guru mampu Menguasai substansi keilmuan yang terkait bidang studi

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Professional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Supervisi

Jawaban : C


61. Seorang guru mampu Menguasai struktur dan metode keilmuan

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian 

c. Kompetensi Professional 

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : C


62. Seorang guru mampu Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Professional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : B


63. Seorang guru mampu Memiliki kepribadian yang arif

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian 

c. Kompetensi Professional 

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : B


64. Seorang guru mampu Mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan peserta didik

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian 

c. Kompetensi Professional 

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : B


65. Seorang guru mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan sesama pendidik di sekolahnya, termasuk…….. 

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Professional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : B


66. Seorang guru berencana membeli dan membaca buku tentang asesment pembelajaran. Rencana tersebut menunjukkan keinginan guru mengembangkan ciri:

a. Kompetensi pedagogic 

b. Kompetensi sosial

c. Kompetensi kepribadian 

d. Kompetensi professional

Jawaban : D


67. Keinginan dan usaha untuk tidak terlambat datang ke sekolah merupakan ranah:

a. Kompetensi sosial

b. Kompetensi kepribadian 

c. Kompetensi profesional 

d. Kompetensi pedagogic

Jawaban : B


68. Dalam satu sekolah beberapa orang guru sebidang bekerja dan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses hasil pembelajaran. Kegiatan tersebut merupakan usaha guru untuk mengembangkan diri ranah:

a. Kompetensi sosial dan pedagogic

b. Kompetensi profesional dan pedagogic

c. Kompetensi kepribadian dan profesional 

d. Kompetensi kepribadian dan social

Jawaban : C


69. Seorang guru menyusun RPP harus dilandasi kesadaran bahwa :

a. RPP merupakan bagian dari administrasi sekolah

b. Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang harus direncanakan 

c. RPP merupakan bagian kelengkapan Portofolio sertifikasi

d. Proses pembelajaran merupakan proses yang harus didokumentasi

Jawaban : B


70. Seorang guru yang perokok membiasakan diri untuk tidak merokok di kelas, di ruang guru, di ruang tatib sekolah, dan di ruang BK maupun dalam rapat guru. Guru perokok tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah

a. Kompetensi profesional 

b. Kompetensi kepribadian

c. Kompetensi sosial

d. Kompetensi pedagogic

Jawaban : B


71. Paikem adalah pembelajaran yang :

a. Efektif, intrinsik, komunikatif, efektif dan menyenangkan 

b. Aktif, inovatif, kreatif, edukatif dan menyenangkan

c. Aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan

d. Pembelajaran Aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan

Jawaban : C


72. Expert group pada belajar korperatif mendiskusikan 

a. Masalah tiap-tiap kelompok yang ada

b. Masalah tiap-tiap kelompok beda dari tiap-tiap kelompok 

c. Masalah tiap-tiap yang didiskusikan pada kelompok

d. Masalah dari tiap-tiap kelompok secara mendalam

Jawaban : D


73. Untuk mendorong dan membuat siswa menjadi lebih aktif dan terbuka untuk memberi jawaban secara sukarela guru dapat menerapkan 

a. Brain storming

b. Concept mapping 

c. Quickstioning

d. Role playing

Jawaban : A


74. Problem salving dan discovery learning dapat meningkatkan kerampilan siswa dalam hal :

a. Individual thinking 

b. Direct thinking

c. Critical thinking

d. Personal thinking Pemilihan

Jawaban : C


75. Pemilihan satu modul pembelajaran terutama dilakukan berdasarkan 

a. Standar kompetensi, ciri mata pelajaran atau pokok bahasan

b. Teori yang dipahami guru

c. Keinginan dan putusan bersama

d. Tersedianya waktu dan dana yang ada

Jawaban : A


76. Prinsip Coorperatif Learning, kecuali 

a. Kerja sama mencapai tujuan

b. Kemampuan kerja individu

c. Saling interaksi

d. Saling tergantung tapi saling memberi:

Jawaban : B


77. Memilih media, mempertimbangkan

a. Kesesuaian media dengan tujuan, materi dan perkembangan siswa 

b. Kecanggihan media

c. Keseuaian media dengan paradigma pembelajaran 

d. Kelengkapan dan kualitas media

Jawaban : A


78. Guru menggunakan media dalam mengajar karena 

a. Tuntutan kurikulum

b. Anjuran KS

c. Media membatu siswa agar lebih mudah memahami 

d. Keberadaan media mengurangi beban tugas guru

Jawaban : C


79. Penggunaan Media efektif bila

a. Dapat membantu guru mempercepat materi

b. Dapat meningkatkan motivasi siswa melalui bermain 

c. Dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa 

d. Dapat menyelesaikan materi ajar melebihi target

Jawaban : C


80. Keuntungan media di buat guru, kecuali:

a. Sesuai dengan tingkat/karakteristik belajar 

b. Sesuai dengan tingkat tujuan yang dicapai

c. Sesuai dengan tingkat karakteristik guru

d. Sesuai dengan materi yang disajikan

Jawaban : C


81. Setelah membaca teks siswa diharapkan mengidentifikasikan sedikitnya 5 kata kerja dengan tepat untuk itu guru menggunakan media teks, pertanyaan ini berkaitan dengan kriteria …

a. Kesesuaian

b. Tingkat kesulitan 

c. Ketersediaan

d. Kualitas teknis

Jawaban : A


82. Media yang kita gunakan di kelas hendaknya memiliki tingkat kejelasan bagi siswa termasuk tulisan guru harus bisa dibaca oleh siswa. Ini berkaitan dengan kriteria :

a. Kesesuaian

b. tingkat kesulitan 

c. ketersediaan

d. kualitas teknis

Jawaban : D


83. Hasil kegiatan berikut yang paling tepat diukur dengan non tes adalah :

a. kemampuan siswa memahami materi 

b. keaktifan siswa belajar di kelas

c. keaktifan siswa menulis karangan

d. ketrampilan siswa menulis paparan / cerita

Jawaban : B


84. Penilaian dengan portofolio bertujuan untuk mengetahui perkembangan :

a. kemampuan memahami materi 

b. siswa mengerjakan tugas

c. kerajinan dan kreatifitas siswa

d. hasil belajar siswa secara keseluruhan

Jawaban : D


85. Kegiatan belajar berikut yang tepat dievaluasi tes kinerja.. 

a. Berhitung (matematika)

b. Memecahkan masalah 

c. Melakukan percobaan 

d. Membuat karya tulis

Jawaban : C


86. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas, seorang guru melakukan kegiatan berikut

1.Menganalisis hasil ujian siswa sebelum menentukan jumlah siswa yang belum tuntas

2.Memisahkan siswa yang nilainya di atas dan di bawah standar kemudian memilih metode mengajar yang berbeda untuk kedua kelompok.

3.Melakukan refleksi terhadap kelemahan metode yang digunakan dan memperbarui pada pelajaran berikutnya

4. Menerapkan metode mengajar bagi siswa yang menjalani remidi

Kegiatan yang dapat memperbaiki kualitas pembelajaran guru di kelas adalah :

a. 1, 2, 3

b. 1 dan 2 

c. 2 dan 4

d. 1, 2, 3 dan 4

Jawaban : A


87. Kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan kelanjutan kecakapan hidup ( life skill) bagi anak didik adalah ……………

a. mempresentasikan hasil diskusi 

b. membuat karya tulis

c. membuat model

d. kerjasama dengan kelompok.

Jawaban : B

88. Dalam mengembangkan alat evalusi guru harus memperhatikan :

a. kompetensi dasar, indikator, dan materi ajar dan SKBM.

b. kesesuaian dengan materi ajar, soal harus mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.

c. Hasil belajar soal hrs dibuat sedemikian rupa, agar sebagian besar siswa mencapai standar ketuntasan belajar minimal (SKBM)

d. Analisis hasil evaluasi tdk harus dilakukan karena nilai yg diperoleh rata-rata dengan nilai ujian pada materi selanjutnya

Jawaban : A


89. Pernyataan berikut yang benar tentang assesment adalah :

a. proses pengukuran tes untuk mengetahui tkt pemahaman siswa setelah mengikuti pelajaran.

b. proses pengumpulan informasi tentang peserta didik berkenaan dengan apa yang mereka ketahui dan apa yang dapat mereka lakukan.

c. melakukan penilaian kemampuan siswa menerima pelajaran 

d. proses penilaian tkt kecerdasan siswa.

Jawaban : A


90. Tulisan karya ilmiah skripsi, thesis, desertasi tergolong karya ilmiah yang :

a. disajikan dalam bentuk artikel atau makalah 

b. ditulis berdasarkan bukan hasil riset

c. kajian ilmiah yang ditulis dari hasil riset

d. berupa kajian teoritis

Jawaban : C


91. Langkah-langkah PTK dapat dilakukan sebagai berikut.................. 

a. Perencanaan –Observasi- Pelaksanaan – Refleksi

b. Refleksi - Perencanaan - Observasi – Pelaksanaan 

c. Observasi - Perencanaan – Pelaksanaan – Refleksi

d. Perencanaan – Pelaksanaan – Observasi – Refleksi

Jawaban : D


92. Apakah Yang Dimaksud Dengan KTI yang APIK?

a. PTK harus mampu menunjukkan bahwa kegiatan PTK memang benar-benar telah dilakukan oleh guru yang bersangkutan.

b. PTK yang dilakukan benar-benar mempunyai manfaat. 

c. PTK harus memenuhi kaidah-kaidah ilmiah

d. KTI guru hendaknya berkaitan dengan matapelajarannya dan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil belajar di kelasnya.

e. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten

Jawaban : E


93. PTK bersifat kontektual untuk perbaikan PBM kelas artinya... 

a. Nilai percakapan belum meningkat

b. Terkait dengan permasalahan pada konteks sesungguhnya pada waktu melaksanakan PBM dalam kelas

c. Terkait dengan perenungan di luar kontek, sehingga pada waktu ,elaksanakan PBM di dalam kelas

d. Terkait dengan permasalahan pada kontk sesungguhnya pada waktu di luar jam pelajaran

Jawaban : B


94. Prosedur penilaian pemerolehan belajar, proses kemajuan belajar dan kinerja siswa dengan berbagai alat dikenal sebagai :

a. Authentic material 

b. Authentic learning

c. Authentic assessment

d. Authentic data

Jawaban : C


95. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru….

a. membuat rancangan pembelajaran khusus untuk peserta didik sebagai peserta remedial 

b. menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar peserta didik

c. menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada

d. merencanakan tes ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

e. menggunakan rancangan pembelajaran berdasarkan bahan ajar belajar peserta didik

Jawaban : B


96. Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut ..................... 

a. Standar Proses;

b. Standar Kompetensi Lulusan;

c. Standar Sarana Dan Prasarana;

d. Standar Pengelolaan;

e. Standar Penilaian Pendidikan

Jawaban : D


97. Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:

a. Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik;

b. Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan; Dan 

c. Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah

d. Penilaian Hasil Belajar Oleh Masyarakat

e. Jawaban A, B dan C Benar

Jawaban : E


98. “Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Kalimat tersebut adalah ...................

a. Fungsi dan tujuan pendidikan nasional

b. Fungsi pendidikan nasional

c. Tujuan pendidikan nasional

d. Sasaran pendidikan nasional

e. Arah kebijakan pembangunan nacional

Jawaban : A


99. Sedangkan standar nasional pendidikan RI dituangkan dalam ................... 

a. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005

b. Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 

c. Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007

d. Permendiknas RI Nomor 32 Tahun 2005

e. Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2005

Jawaban : A


100. Memahami peserta didik secara mendalam

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian 

c. Kompetensi Professional 

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Manajerial

Jawaban : A

Link Download Soal

Bagi anda yang berminat mengunduh 100 soal diatas silakan klik pada tautan dibawah ini:

Download 100 Soal Pedagogik

Tambahan soal lainnya bisa anda unduh pada tautan berikut:

Download Tambahan Soal

Demikian artikel 100+ Contoh Soal Pedagogik Lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Download Materi/Modul PPPK untuk PGSD

Tidak ada komentar untuk "100+ Contoh Soal Pedagogik Lengkap dengan Kunci Jawaban"