Widget HTML Atas

Silabus Sma, /Ma, /Smk, /Mak Bahasa Indonesia Peminatan 10 K13 Revisi 2017

silabus  ialah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, acara pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan pembagian terstruktur mengenai standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, acara pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan perihal acara pembelajaran, pengelolaan kelas, dan evaluasi hasil belajar.

Silabus berisikan komponen pokok yang sanggup menjawab pertanyaan berikut.: Kompetensi yang akan ditanamkan kepada akseptor didik melalui suatu acara pembelajaran acara yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki akseptor didik Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan acara pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

Berikut kami lampirkan beberapa CONTOH KIKD BAHASA INDONESIA PEMINATAN KELAS 10 untuk sekolah menengah pertama menurut  PERMENDIKBUD TAHUN 2016 NO 024

Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, yaitu
(1) kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Kompetensi
tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial
yaitu “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran
tidak pribadi (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan
dan kondisi akseptor didik.
 
SILAHKAN DOWNLOAD KIKD Sekolah Menengah kejuruan BAHASA INDONESIA PEMINATAN x  berdasarkan permendikbud NO 024
Memahami, menerapkan, menganalisis  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan duduk kasus
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait denganpengembangan dari yang dipelajar inya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam berbagi huruf akseptor didik lebih lanjut. Prinsip Pengembangan Silabus, Dalam pengembangan Silabus, terdiri dari beberapa prinsip, di antaranya :
  1. Ilmiah . Keseluruhan materi dan acara yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan sanggup dipertanggungjawabkan secara keilmuan. 
  2. Relevan.  Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual akseptor didik. 
  3. Sistematis. Komponen-komponen silabus  saling berafiliasi secara fungsional dalam mencapai kompetensi. 
  4. Konsisten. Adanya kekerabatan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian. 
  5. Memadai.  Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem evaluasi cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar. 
  6. Aktual dan Kontekstual.  Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem evaluasi memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan bencana yang terjadi. 
  7. Fleksibel.  Keseluruhan komponen silabus sanggup mengakomodasi keragaman akseptor didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat. 
  8. Menyeluruh.  Komponen silabus meliputi keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).
Adapun gosip perihal produk rpp dan silabus terbaru untuk semua mata pelajaran :
  • RPP DAN SILABUS SD K13 REVISI 2017
  • RPP DAN SILABUS SMP K13 REVISI 2017
  • RPP DAN SILABUS MTS K13 REVISI 2017
  • RPP DAN SILABUS SMAs K13 REVISI 2017
  • RPP DAN SILABUS MA K13 REVISI 2017
  • RPP DAN SILABUS Sekolah Menengah kejuruan K13 REVISI 2017
  • RPP DAN SILABUS MAK K13 REVISI 2017
Demikian gosip yang sanggup kami sampaikan gampang mudahan sanggup membantu dan bermanfaat, untuk info detai perihal produk apa saja yang kami sediakan silahkan kunjungi artikel lainnya ,,,,,,,,

Tidak ada komentar untuk "Silabus Sma, /Ma, /Smk, /Mak Bahasa Indonesia Peminatan 10 K13 Revisi 2017"