Contoh Rpp Sma Terintegrasi Keterampilan Abad 21, Literasi, Ppk, Dan Hots
RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 -
Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi. Literasi menjadi bagian terpenting dalam sebuah proses pembelajaran, peserta didik yang dapat melaksanakan kegiatan literasi dengan maksimal tentunya akan mendapatkan pengalaman belajar lebih dibanding dengan peserta didik lainnya.
Pembelajaran akan meletakkan dasar dan kompetensi, pengukuran kompetensi dengan urutan LOTS menuju HOTS. Proses pembelajaran akan dimulai dari suatu hal yang mudah menuju hal yang sulit. Dengan evaluasi LOTS akan menjadi tangga bagi peserta didik untuk meningkatkan kompetensi menuju seseorang yang memiliki pola pikir kritis. Seseorang yang memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaborasi dan mampu berkomunikasi dengan baik akan meningkat pula karakternya, sehingga keilmuan dan kompetensi yang dikuasainya akan menjadikannya memiliki sikap/karakter yang bertanggungjawab, bekerja keras, jujur dalam kehidupannya. Seorang peserta didik yang mengalami proses pembelajaran dengan melaksanakan aktivitas literasi pembelajaran dan guru memberikan penguatan karakter dalam proses pembelajaran dengan urutan kompetensi dari LOTS menuju kompetensi HOTS akan menghasilkan lulusan yang memiliki karakter dan kompetensi
Pembelajaran akan meletakkan dasar dan kompetensi, pengukuran kompetensi dengan urutan LOTS menuju HOTS. Proses pembelajaran akan dimulai dari suatu hal yang mudah menuju hal yang sulit. Dengan evaluasi LOTS akan menjadi tangga bagi peserta didik untuk meningkatkan kompetensi menuju seseorang yang memiliki pola pikir kritis. Seseorang yang memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaborasi dan mampu berkomunikasi dengan baik akan meningkat pula karakternya, sehingga keilmuan dan kompetensi yang dikuasainya akan menjadikannya memiliki sikap/karakter yang bertanggungjawab, bekerja keras, jujur dalam kehidupannya. Seorang peserta didik yang mengalami proses pembelajaran dengan melaksanakan aktivitas literasi pembelajaran dan guru memberikan penguatan karakter dalam proses pembelajaran dengan urutan kompetensi dari LOTS menuju kompetensi HOTS akan menghasilkan lulusan yang memiliki karakter dan kompetensi
- Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 bertujuan mengembangkan bakat, minat, dan potensi peserta didik agar berkarakter, kompeten dan literat. Untuk mencapai hasil tersebut diperlukan pengalaman belajar yang bervariasi mulai dari yang sederhana sampai pengalaman belajar yang bersifat kompleks. Dalam kegiatan tersebut guru harus melaksanakan pembelajaran dan penilaian yang relevan dengan karakteristik pembelajaran abad 21.
- Pembelajaran dalam setiap mata pelajaran terkait dengan kompetensi dan konteks yang harus memacu peserta didik untuk memiliki ketrampilan berpikir dari yang sederhana (LOTS) menuju proses berpikir tingkat tinggi (HOTS).
- Kegiatan pembelajaran tersebut tidak dapat sekaligus dilaksanakan, tetapi sedikit demi sedikit ada perubahan. Dari kapasitas LOTS yang banyak sedikit demi sedikit dikurangi dan menambah kapasitas HOTS, sehingga pada akhirnya kapasitas HOTS menjadi karakter peserta didik.
- Melalui pembelajaran tersebut pada akhirnya dapat mengahasilkan lulusan yang berkarakter, kompeten dan literat untuk siap menhadapai tantangan Abad 21.
Ada berbagai kegiatan persiapan yang wajib dilakukan guru sebelum memulai proses pembelajaran, mulai dari membaca buku-buku referensi untuk memperluas wawasan, mengidentifikasi sumber-sumber belajar yang relevan, dan menentukan langkah-langkah pembelajaran, sampai dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan administratif seperti yang diyakini sebagian guru, melainkan kegiatan yang melekat pada pembelajaran sebagai sebuah proses.Dalam perspektif manajemen, kegiatan perencanaan selalu mendahului kegiatan pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP dapatdilakukan oleh guru secara mandiri maupun secara berkelompok.Acuan pertama dari penyusunan RPP adalah silabus dan standar isi.
Mengapa RPP Penting Disusun oleh Guru?
Alasan pentingnya RPP disusun oleh guru adalah :
Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan administratif seperti yang diyakini sebagian guru, melainkan kegiatan yang melekat pada pembelajaran sebagai sebuah proses.Dalam perspektif manajemen, kegiatan perencanaan selalu mendahului kegiatan pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP dapatdilakukan oleh guru secara mandiri maupun secara berkelompok.Acuan pertama dari penyusunan RPP adalah silabus dan standar isi.
Mengapa RPP Penting Disusun oleh Guru?
Alasan pentingnya RPP disusun oleh guru adalah :
- RPP adalah merupakan bukti kegiatan yang akan dilaksanakan oleh guru di kelas dan wajib disusun oleh guru;
- RPP merupakan rambu-rambu untuk dijadikan sebagai pedoman guru dalam melaksanakan aktivitas di kelas;
- Dengan menyusun RPP, guru telah lebih awal memikirkan cara terbaik dan termudah untuk membangun kompetensi yang dipersyaratkan pada siswa agar siswa mencapai kompetensi tersebut;
- Dengan menyusun RPP guru sedini mungkin memperkirakan efektifitas pengelolaan kelas baik menyangkut waktu, penciptaan suasana kelas, maupun upaya-upaya pencapaian tujuan pembelajaran
Suatu hal yang tidak bisa ditawar, bahwa RPP wajib disusun oleh guru sebelum guru masuk kelas. Karena dengan adanya perencanaan guru telah menetapkan segala keperluan serta metode yang harus diterapkan ketika melaksanakan pembelajaran termasuk dapat mengelolah waktu secara efisien.
Sebagai panduan Bapak/Ibu Menyusun RPP Kurikulum 2013 Abad 21 maka berikut ini kami Sajikan Contoh RPP SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017silahkan anda download pada Link Yang Telah Kami sediakan berikut ini
Detail RPP SMA Kurikulum 2013 Abad 21
Detail RPP SMA Kurikulum 2013 Abad 21
- RPP Terintegrasi dengan pembelajaran: a) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama v karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, b) Literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative) c) HOTS (Higher Order Thinking Skill)
- RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru
- RPP disusun Berdasarkan Permendikbud No 22, 24 Tahun 2016
- RPP disusun berdasarkan Struktur kurikulum yang berlaku
- IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS
- IPK disusun menggunakan kata kerja opresional yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.
- IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif
- IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau ketrampilan konkret
- RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
- Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran.
Download RPP SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
RPP Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
RPP Bahasa Indonesia
RPP Matematika
RPP Sejarah Indonesia
RPP Bahasa Inggris
RPP Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
RPP Seni Budaya four Aspek
a. Seni Rupa
b. Musik
c. Tari
d. Teater
RPP Prakarya dan Kewirausahaan four Aspek
a. Kerajinan 1 (satu) tahun
b. Rekayasa 1 (satu) tahun
c. Budi Daya 1 (satu) tahun
d. Pengolahan 1 (satu) tahun
Peminatan
RPP Matematika Peminatan
RPP Biologi
RPP Fisika
Kimia
Geografi
Sejarah
Sosiologi
Ekonomi
Bahasa dan Sastra Indonesia
RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
RPP Bahasa Indonesia
RPP Matematika
RPP Sejarah Indonesia
RPP Bahasa Inggris
RPP Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
RPP Seni Budaya four Aspek
a. Seni Rupa
b. Musik
c. Tari
d. Teater
RPP Prakarya dan Kewirausahaan four Aspek
a. Kerajinan 1 (satu) tahun
b. Rekayasa 1 (satu) tahun
c. Budi Daya 1 (satu) tahun
d. Pengolahan 1 (satu) tahun
Peminatan
RPP Matematika Peminatan
RPP Biologi
RPP Fisika
Kimia
Geografi
Sejarah
Sosiologi
Ekonomi
Bahasa dan Sastra Indonesia
Tidak ada komentar untuk "Contoh Rpp Sma Terintegrasi Keterampilan Abad 21, Literasi, Ppk, Dan Hots"
Posting Komentar