Rpp Pjok Sd Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2016
RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 -
Kurikulum 2013 memakai dan menekankan kepada pembelajaran eksklusif (direct teaching) dan tidak eksklusif (indirect teaching). Pembelajaran eksklusif ialah pembelajaran yang menyebarkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan memakai pengetahuan penerima didik melalui interaksi eksklusif dengan sumber berguru yang dirancang dalam silabus dan RPP. Pembelajaran tidak eksklusif ialah pembelajaran yang terjadi selama proses pembelajara eksklusif yang mengondisikan dan menghasilkan imbas pengiring (nurturant effect). Pembelajaran tidak eksklusif berkenaan dengan pengembangan nilai dan perilaku yang terkandung dalam KI-1 dan KI-2.
Dimana dalam pelaksanaan pembelajaran, tenaga pengajar tidak harus seratus persen sesuai dengan RPP, artinya tenaga pengajar tidak hanya terpaku pada langkah – langkah yang ada, alasannya ialah proses pembelajaran merupakan sesuatu yang dinamis yang tergantung kepada faktor fisik dan psikis penerima didik dan guru, sehingga menuntut guru untuk bisa menyebarkan konsep yang ada untuk menimbulkan sesuatu yang dinamis dan kreativ . Karena itu, dalam menciptakan RPP sebaiknya tidak sekaligus untuk satu tahun atau satu semester: tetapi secara sedikit demi sedikit akan melakukan proses belajar/mengajar.
Indikator Komponen RPP
- Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
- Kelas/semester;
- Materi pokok;
- Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban berguru dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai; tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
- Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi; materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- Metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran biar penerima didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik penerima didik dan KD yang akan dicapai;
- Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan materi pelajaran;
- Sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan;
- langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan evaluasi hasil pembelajaran.
untuk mata pelajaran PJOK berikut ini kami sajikan untuk anda pola RPP PJOK SD kelas 4 kurikulum 2013 Revisi 2016 dan tetunya RPP PJOK kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2016 di susun menurut materi yang terdapat buku PJOK kelas 4 (Buku pegangan guru & dan siswa ) kurikulum 2013 revisi 2016
Adapun materi yang terdapat pada buku PJOK SD kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2016 yang dijadikan sumber atau materi pembuatan RPP yaitu diantaranya sebagai berikut.
- Sepakbola
- Bolalavoli
- Bolabasket
- Kasti
- Rounders
- Jalan Cepat
- LariJarak pendek
- Beladiri
- Aktivitas Senam Lantai
- Aktivitas Gerak Berirama
- Renang
- Jenis Cidera dan Cara Penanggulangannya
- Perilaku Terpuji Dalam Pergaulan Sehari-Hari
Tidak ada komentar untuk "Rpp Pjok Sd Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2016"
Posting Komentar