Widget HTML Atas

Contoh Rpp Kelas 7, 8 Dan 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 -
Perencanaan pembelajaran merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Melalui perencanaan pembelajaran yang baik, guru akan lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran dan siswa akan lebih terbantu dan mudah dalam belajar. Perencanaan pembelajaran dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, sekolah, mata pelajaran. Perencanaan pembelajaran bertujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). 

Ada berbagai kegiatan persiapan yang wajib dilakukan guru sebelum memulai proses pembelajaran, mulai dari membaca buku-buku referensi untuk memperluas wawasan, mengidentifikasi sumber-sumber belajar yang relevan, dan menentukan langkah-langkah pembelajaran, sampai dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). 

Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan administratif seperti yang diyakini sebagian guru, melainkan kegiatan yang melekat pada pembelajaran sebagai sebuah proses.Dalam perspektif manajemen, kegiatan perencanaan selalu mendahului kegiatan pencapaian tujuan.Penyusunan dan pengembangan RPP dapatdilakukan oleh guru secara mandiri maupun secara berkelompok.Acuan pertama dari penyusunan RPP adalah silabus dan standar isi.

Berikut ini kami sajikan beberap Contoh RPP MTs untuk mata pelajaran diantaranya
Bahasa Arab
Al-Quran Hadits
Fikih
Akidah Ahlak dan
Sejarah Kebudayaan Islam
Kami Juga Menyediakan Perangkat Pembelajaran RPP SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA dan SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi 4C, PPK, Literasi dan Hots 

Detail RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 
  1. RPP Terintegrasi dengan pembelajaran: a) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama v karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, b) Literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative) c) HOTS (Higher Order Thinking Skill) 
  2. RPP disusun Mengacu kepada KI-KD Terbaru 
  3. RPP disusun berdasarkan Struktur kurikulum yang berlaku 
  4. IPK dikembangkan dari LOTS menuju HOTS 
  5. IPK disusun menggunakan kata kerja opresional yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. 
  6. IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif 
  7. IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau ketrampilan konkret 
  8. RPP disusun Berdasarkan Materi yang terdapat pada Buku Pegangan Guru & Siswa Kurikulum 2013 Buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 
  9. Menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. 
  10. Menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik materi dan mata pelajaran. 
Adapun Daftar isi Perangkat Pembelajaran RPP Super lengkap diantaranya adalah sebagai berikut: 
  1. RPP, 
  2. Silabus yang dikembangkan, 
  3. Program Tahunan, 
  4. Analisis Alokasi Waktu, 
  5. Program Semeter, 
  6. Analisis Keterkaitan SKL-KI-KD dan Materi Pembelajaran, 
  7. KIKD dan Materi, 
  8. Format KKM, 
  9. Penetapan Indikator, 
  10. Pemetaan Kometensi dan 
  11. Teknik Penilaian, 
  12. Analisis Kompetensi, 
  13. Kalender Akademik
dan Untuk Mendapatkan Perangkat Pembelajaran RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap Full Semester silahkan anda berkomentar pda postingan ini.

Tidak ada komentar untuk "Contoh Rpp Kelas 7, 8 Dan 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017"