Widget HTML Atas

Silabus PAI Smp/Mts Kurikulum 2013 Revisi Terbaru (Permendikbud No.24 Tahun 2016)

Silabus merupakan contoh penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap materi kajian mata pelajaran. dimana Silabus merupakan contoh bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran biar siswa bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari. Upaya peningkatan keimanana dan ketakwaan tersebut dilakukan dengan memperhatikan nilai-nilai Islam rahmatan lilalamin yang mengedepankan prinsip-prinsip Islam yang humanis, toleran, demokratis, dan multikultural.

Silabus dikembangkan menurut Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun pedoman tertentu. Silabus dipakai sebagai contoh dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran. 

Kompetensi inti pada kurikulum 2013 merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap tingkat kelas. 

Kompetensi dasar merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai penerima didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. 

Kompetensi dasar pada kurikulum 2013 berisi kemampuan dan materi pembelajaran untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. dan Kompetensi inti dan kompetensi dasar dipakai sebagai dasar untuk perubahan buku teks pelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Berikut Ini Kami Sajikan untuk anda KI-KD Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti  untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi 2017 (Permendikbud No.24 Tahun 2016)

Silabus Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan biar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan menunjukkan kesempatan kepada guru untuk berbagi dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup berbagi banyak sekali model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diperlukan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang diadaptasi dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan kemampuan siswa.


Dapatkan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi Pembelajaran Abad 21, PPK, Literasi dan HOTs Full Semester (Semester ganjil & Genap)

Daftar isi Perangkat Pembelajaran  lengkap :
1. RPP (Full Semester)
2. Silabus yang dikembangkan,
3. Program Tahunan,
4. Analisis Alokasi Waktu,
5. Program Semeter,
6. Analisis Keterkaitan SKL-KI-KD dan Materi Pembelajaran,
7. KIKD dan Materi,
8. Format KKM,
9. Penetapan Indikator,
10. Pemetaan Kometensi dan
11. Teknik Penilaian,
12. Analisis Kompetensi,
13. Kalender Akademik

Tidak ada komentar untuk "Silabus PAI Smp/Mts Kurikulum 2013 Revisi Terbaru (Permendikbud No.24 Tahun 2016)"