Widget HTML Atas

Download Silabus SMA Lengkap Kurikulum 2013

Dalam kesempatan kali ini kami sedikit membahas tentang  dunia pendidikan khususnya sebagai guru/pendidik, tentunya sangat dekat sekali dengan istilah Silabus, akan tetapi bagi sahabat guru guru yang kebetulan gres menjadi guru maka pemahaman akan arti silabus sebagai salah satu perangkat pembelajaran tentu saja sangat perlu untuk dipahami semoga efektifitas dalam pembelajaran itu sanggup dicapai dengan baik serta sesuai dengan peraturan yang sudah di tetapkan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22/24 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah bahwasannya perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi.

Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat evaluasi pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP diadaptasi pendekatan pembelajaran yang digunakan.

Silabus dalam pembelajaran yaitu planning pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, acara pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

BERIKUT KAMI LAMPIRKAN BEBERAPA CONTOH KIKD MENURUT PERMENDIKBUD TAHUN 2016 NO 024 antara lain sebagai berikut:
Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, acara pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat planning dan pengaturan perihal acara pembelajaran, pengelolaan kelas, dan evaluasi hasil belajar.

Silabus berisikan komponen pokok yang sanggup menjawab pertanyaan berikut :
  • Kompetensi yang akan ditanamkan kepada penerima didik melalui suatu acara pembelajaran
  • kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
  • upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki penerima didik
Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan planning pembelajaran, pengelolaan acara pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

1.  Prinsip Pengembangan Silabus
Dalam pengembangan Silabus, terdiri dari beberapa prinsip, di antaranya :
  • Ilmiah . Keseluruhan materi dan acara yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan sanggup dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
  • Relevan.  Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual penerima didik.
  • Sistematis. Komponen-komponen silabus  saling berafiliasi secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  • Konsisten. Adanya kekerabatan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
  • Memadai.  Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem evaluasi cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  • Aktual dan Kontekstual.  Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem evaluasi memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan insiden yang terjadi.
  • Fleksibel.  Keseluruhan komponen silabus sanggup mengakomodasi keragaman penerima didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
  • Menyeluruh.  Komponen silabus meliputi keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).
2. Unit Waktu Silabus
  • Silabus mata pelajaran disusun menurut seluruh alokasi waktu yang disediakan untuk mata pelajaran selama penyelenggaraan pendidikan d tingkat  satuan pendidikan.
  • Penyusunan silabus memperhatikan alokasi waktu yang disediakan per semester, per tahun, dan alokasi waktu mata pelajaran lain yang sekelompok.
  • Implementasi pembelajaran per semester memakai kepingan silabus  sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk mata  pelajaran dengan alokasi waktu yang tersedia pada struktur kurikulum. Khusus untuk  SMK/MAK memakai kepingan silabus berdasarkan  satuan kompetensi.
3. Pengembang Silabus
Pengembangan silabus  sanggup dilakukan oleh para guru secara berdikari atau berkelompok dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan. Berbagai cara/langkah dalam pengembangan silabus di antaranya yaitu :
  • Disusun secara berdikari oleh guru apabila guru yang bersangkutan bisa mengenali karakteristik siswa, kondisi sekolah dan lingkungannya.
  •  Apabila guru mata pelajaran alasannya sesuatu hal belum sanggup melakukan pengembangan silabus secara mandiri, maka pihak sekolah sanggup mengusahakan untuk membentuk kelompok guru mata pelajaran untuk membuatkan silabus yang akan dipakai oleh sekolah tersebut.
  • Di SD/MI semua guru kelas, dari kelas I hingga dengan kelas VI, menyusun silabus secara bersama. Di SMP/MTs untuk mata pelajaran IPA dan IPS terpadu disusun secara bersama oleh guru yang terkait.
  • Sekolah yang belum bisa membuatkan silabus secara mandiri, sebaiknya bergabung dengan sekolah-sekolah lain melalui lembaga MGMP/PKG untuk bahu-membahu membuatkan silabus yang akan dipakai oleh sekolah-sekolah dalam lingkup MGMP/PKG setempat.
  • Dinas Pendidikan setempat sanggup memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru berpengalaman di bidangnya masing-masing.
4. Komponen-Komponen Silabus
Silabus dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terdiri dari beberapa komponen, sebagai berikut:

download rpp dan silabus terbaru kurikulum 2013 revisi 2017 

  1. RPP DAN SILABUS SD K13 REVISI 2017
  2. RPP DAN SILABUS SMP K13 REVISI 2017
  3. RPP DAN SILABUS MTS K13 REVISI 2017
  4. RPP DAN SILABUS SMA K13 REVISI 2017
  5. RPP DAN SILABUS MA K13 REVISI 2017
  6. RPP DAN SILABUS SMK K13 REVISI 2017
  7. RPP DAN SILABUS MAK K13 REVISI 2017
  • Standar kompetensi mata pelajaran yaitu batas dan arah kemampuan yang harus dimiliki dan sanggup dilakukan oleh penerima didik sehabis mengikuti proses pembelajaran suatu mata pelajaran tertentu, kemampuan yang sanggup dilakukan atau ditampilkan siswa untuk suatu mat pelajaran, kompetensi dalam mata pelajaran tertentu yang harus dimiliki siswa, kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan dalam dalam suatu mata pelajaran tertentu. Standar Kompetensi terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 perihal Standar Isi.
  • Kompetensi dasar yaitu kemampuan minimal pada tiap mata pelajaran yang harus dicapai siswa. Kompetensi dasar dalam silabus berfungsi untuk mengarahkan guru mengenai sasaran yang harus dicapai dalam pembelajaran.Misalnya, bisa menuntaskan diri dengan lingkungan dan sebagainya.Kompetensi Dasar terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 perihal Standar Isi.
  • Hasil mencar ilmu yaitu kemampuan siswa dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman mencar ilmu dalam suatu kompetensi dasar.Hasil mencar ilmu dalam silabus berfungsi sebagai petunjuk perihal perubahan sikap yang akan dicapai oleh siswa sehubungan dengan acara mencar ilmu yang dilakukan, sesuai dengan kompetensi dasar dan materi standar yang dikaji.Hasil mencar ilmu bisa berbentuk pengetahuan, keterampilan,maupun sikap.
  • Indikator hasil mencar ilmu yaitu ciri penanda ketercapain kompetensi dasar.Indikator dalam silabus berfungsi sebagai gejala yang mengatakan terjadinya perubahan sikap pda diri siswa.Tanda-tanda ini lebih spesifik dan lebih sanggup diamati dalam diri siswa, sasaran kompetensi dasar tersebut sudah terpenuhi atau tercapai.
  • Materi pokok yaitu pokok-pokok materi yang harus dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar dan yang akan dinilai dengan memakai instrumen evaluasi yang disusun menurut indikator  pencapaian belajar.Secara umum  materi pokok sanggup diklasifikasikan menjadi empat jenis,yaitu  fakta,konsep,prisip,dan prosedur.
  • Kegiatan pembelajaran yaitu bentuk atau rujukan umum acara pembelajaran yang akan dilaksanakan.Strategi pembelajaran meliputi kegiatan  tatap muka dan non tatap muka (pengalaman belajar).
  • Alokasi waktu yaitu waktu yang diharapkan untuk menguasai masing-masing kompetensi dasar.
  • Penilaian yaitu jenis, bentuk, dan instrumen yang dipakai untuk mengetahui atau mengukur  keberhasilan mencar ilmu siswa.
  • Sarana dan sumber mencar ilmu yaitu sarana dan sumber mencar ilmu yang dipakai dalam proses mencar ilmu mengajar.
5. Langkah-langkah Pengembangan Silabus
Sebagaimana telah dikemukakan dalam uraian sebelumnya, bahwasannya Silabus yaitu planning pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.  Silabus  merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, acara pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Mengembangkan silabus dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut:

DOWNLOAD BAHAN AJAR PPT TERBARU REVISI 2017 

1.   Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran  sebagaimana tercantum pada Standar Isi, dengan  memperhatikan hal-hal berikut:
  • urutan menurut hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan  materi, tidak harus  selalu sesuai dengan urutan yang ada di Standar Isi;
  •  keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
  • keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata  pelajaran.
2.   Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran
Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar dengan mempertimbangkan:

INFO DETAIL RPP TERBARU REVISI 2017
  • potensi penerima didik;
  • relevansi dengan karakteristik daerah,
  • tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual penerima didik;
  • kebermanfaatan bagi penerima didik;
  • struktur keilmuan;
  • aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran;
  • relevansi dengan kebutuhan penerima didik dan tuntutan lingkungan; dan
  • alokasi waktu.
Demikian informasi yang sanggup kami sampaikan, gampang simpel sanggup membantu dan bermanfaat, untuk infi detail rpp yang kami sediakan silahkan kunjungi website resmi kami di baca juga

Tidak ada komentar untuk "Download Silabus SMA Lengkap Kurikulum 2013"