Widget HTML Atas

Ki-Kd PAI Kurikulum 2013 Terbaru (Permendikbud No.24 Tahun 2016)

Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat evaluasi pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP diadaptasi pendekatan pembelajaran yang digunakan. 

Silabus merupakan contoh penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap materi kajian mata pelajaran. Silabus paling sedikit memuat:
  • Identitas mata pelajaran (khusus SMP/MTs/SMPLB/Paket B dan  SMA/MA/SMALB/SMK/MAK/Paket C/ Paket C Kejuruan);
  • Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas;
  • Kompetensi inti, merupakan citra secara kategorial mengenai  kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari penerima didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran; 
  • kompetensi dasar, merupakan kemampuan spesifik yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran; 
  • tema (khusus SD/MI/SDLB/Paket A);
  • materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang  relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi; 
  • pembelajaran, yaitu aktivitas yang dilakukan oleh pendidik dan penerima didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan; 
  • penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk memilih pencapaian hasil mencar ilmu penerima didik; 
  • alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun; dan 
  • sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber mencar ilmu lain yang relevan. 
Silabus dikembangkan menurut Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun aliran tertentu. Silabus dipakai sebagai contoh dalam pengembangan planning pelaksanaan pembelajaran. 

Kompetensi inti pada kurikulum 2013 merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap tingkat kelas. 

Kompetensi dasar merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai penerima didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. 

Kompetensi dasar pada kurikulum 2013 berisi kemampuan dan materi pembelajaran untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti.  dan Kompetensi inti dan kompetensi dasar dipakai sebagai dasar untuk perubahan buku teks pelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. 


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu planning aktivitas pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran penerima didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). 

Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis biar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi penerima didik untuk berpartisipasi aktif, serta menunjukkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis penerima didik. RPP disusun menurut KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.

Bagi teman guru yang ketika ini sedang menyusun RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017, sebagai panduan berikut kami sajikan contoh RPP SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download RPP PAI Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Dapatkan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terintegrasi Pembelajaran Abad 21, PPK, Literasi dan HOTs Full Semester (Semester ganjil & Genap)

Daftar isi Perangkat Pembelajaran  lengkap :
1. RPP (Full Semester)
2. Silabus yang dikembangkan,
3. Program Tahunan,
4. Analisis Alokasi Waktu,
5. Program Semeter,
6. Analisis Keterkaitan SKL-KI-KD dan Materi Pembelajaran,
7. KIKD dan Materi,
8. Format KKM,
9. Penetapan Indikator,
10. Pemetaan Kometensi dan
11. Teknik Penilaian,
12. Analisis Kompetensi,
13. Kalender Akademik

Tidak ada komentar untuk "Ki-Kd PAI Kurikulum 2013 Terbaru (Permendikbud No.24 Tahun 2016)"