Download Contoh RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs dan MA
Download Contoh RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs dan MA - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibentuk harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam menunjukkan pelajaran sehingga hal tersebut sanggup gampang di serap siswa.
- mengintergrasikan
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang
diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri,
gotong royong, dan integritas.
- Mengintegrasikan
literasi
- Mengintegrasikan
keterampilan masa 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical
thinking, Communicative, dan Collaborative);
- Mengintegrasikan
HOTS (Higher Order Thinking Skill.
- Gerakan
PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus
menyelaraskan aneka macam acara dan kegiatan pendidikan huruf yang sudah
dilaksanakan hingga sekarang
Maka mustahil lagi memakai model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Selain itu, harus ada 3 (tiga) komponen inti dalam SE No 14 tahun 2019 yang harus di terapkan dalam penyusunan RPP DARING SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MTs dan MA, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment), sedangkan komponen lainnya bersifat sebagai pelengkap.
1. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran
ditulis dengan merujuk pada Kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar peserta didik.
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai
oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibuat
berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah
ditentukan.
2. Langkah-langkah Pembelajaran
Langkah-langkah
pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung
mencapai Kompetensi Dasar. Meskipun demikian, kegiatan pembelajaran tetap
dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan
memotivasi peserta didik. Di dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik diajak untuk
berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan
kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta
psikologisnya.
3. Penilaian Pembelajaran (Assesment)
Prosedur penilaian
pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator
pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.
Dalam RPP Daring Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI) untuk tingkat MTs dan MA tentunya juga harus sudah
menerapkan prinsip-prinsip secara tertulis untuk direalisasikan dalam kegiatan
pembelajaran, sehingga akseptor didik memperoleh pengalaman berguru yang
efektif dalam membuatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang telah ditetapkan.
Download juga: Rpp Daring
Al-quran Hadis MI
Namun rasanya hal itu seakan sulit dilakukan, mengingat kegiatan belajar
harus dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PPJ). Hal ini di
instruksikan langsug oleh KEMENDIKBUD untuk mencegah dan mengurangi wabah
covid-19 yang melanda indonesia.
Sedangkan
materi yang harus termuat dalam setiap RPP
Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs dan MA kini
mesti sesuia dengan KMA terbaru yang diterbitkan oleh menteri agama yaitu KMA No 183 Tahun 2019, berikut
adalah materi yang harus termuat di setiap jenjang mulai dari kelas 7 hingga
kelas 12
Materi yang harus termuat di dalam RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs Kelas 7 semester 1 dan 2 berdasarkan KMA No 183
- Menganalisis misi Nabi Muhammad Saw.
Sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta
- Menganalisis strategi dakwah Nabi Muhammad
Saw. di Mekah
- Menganalisis strategi dakwah Nabi Muhammad
Saw. di Madinah
- Menganalisis sejarah Nabi Muhammad Saw
dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi
- Menganalisis berbagai kemajuan yang
dicapai umat Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
- Menganalisis perkembangan peradaban Islam
pada masa Daulah Umayyah
- Menganalisis ilmuwan muslim dan perannya
dalam memajukan peradaban Islam pada masa Daulah Umayyah
- Menganalisis sikap dan gaya kepemimpinan
Umar bin Abdul Azis
Materi yang harus termuat di dalam RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs Kelas 8 semester 1 dan 2 berdasarkan KMA No 183
- Menganalisis sejarah berdirinya Daulah
Abbasiyah
- Menganalisis perkembangan peradaban Islam
pada masa Daulah Abbasiyah
- Menganalisis tokoh ilmuwan muslim Ali bin
Rabban at-Tabari, Ibnu Sina, ar-Razi (ahli kedokteran), Al-Kindi, Al-Gazali,
Ibnu Maskawaih (ahli filsafat), Jabir bin Hayyan ahli kimia), Muhammad bin Musa
alKhawarizmi (ahli astronomi) dan perannya dalam kemajuan peradaban Islam pada
masa Daulah Abbasiyah
- Menganalisis para ulama penyusun
kutubussittah (ahli hadis), empat imam mazhab (ahli fikih), Imam At-Tabari,
Ibnu Katsir (ahli tafsir) dan perannya dalam kemajuan peradaban Islam pada masa
Daulah Abbasiyah
- Menganalisis sejarah berdirinya Daulah
Ayyubiyah
- Menganalisis perkembanga.n peradaban Islam
pada masa Daulah Ayyubiyah
- Menganalisis semangat juang para pemimpin
Daulah Ayyubiyah yang terkenal (Shalahuddin al-Ayyubi, Al Adil dan Al Kamil)
- Menganalisis peran ilmuwan mu slim pada
masa Daulah Ayyubiyah dalam kemajuan peradaban Islam
- Menganalisis sejarah Daulah Mamluk da.lam
membangun peradaban Islam di Mesir
Materi yang harus termuat di dalam RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs Kelas 9 semester 1 dan 2 berdasarkan KMA No 183
- Menganalisis sejarah penyebaran Islam di
Indonesia
- Menganalisis sejarah kerajaan Islam di
Indonesi
- Menganalisis perkembangan pesantren dan
peranannya dalam dakwah Islam di Indonesia
- Menganalisis nilai-nilai Islam dan
kearifan lokal dari berbagai suku di Indonesia
- Menganalisis biografi Walisanga dan
perannya dalam mengembangkan Islam
- Menganalisis biografi tokoh penyebar Islam
di berbagai wilayah Indonesia
- Menganalisis biografi tokoh pendiri
organisasi kemasyarakatan Islam di Indonesia
Materi yang harus termuat di dalam RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MA Kelas 10 semester 1 dan 2 berdasarkan KMA No 183
- Menganalisis kebudayaan masyarakat Mekah
sebelum Islam
- Menganalisis substansi dan strategi dakwah
Rasulullah Saw. Periode Mekah
- Menganalisis peristiwa hijrah yang
dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat
- Menganalisis kebudayaan masyarakat Madinah
sebelum Islam
- Menganalisis strategi dakwah Rasulullah
pada periode Madinah
- Menganalisis substansi dari Piagam Madinah
(Mitsaq al-Madinah)
- Menganalisis keberhasilan Makkah
faktor-faktor Fathu Makkah
- Menganalisis proses pemilihan Khulafaur
Rasyidin
- Menganalisis substansi dan strategi dakwah
Khulafaur Rasyidin
- Menganalisis proses lahirnya Daulah
Umayyah di Damaskus
- Mengevaluasi perkembangan peradaban dan
ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah di Damaskus
- Menganalisis sejarah lahirnya Daulah
Umayyah di Andalusia
- Mengevaluasi perkembangan peradaban dan
ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah di Andalusia
Materi yang harus termuat di dalam RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MA Kelas 11 semester 1 dan 2 berdasarkan KMA No 183
- Mengevaluasi proses lahirnya Daulah
Abbasiyah
- Mengevaluasi perkembangan peradaban dan
ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah
- Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Usmani
- Mengevaluasi perkembangan peradaban dan
ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani
- Mengevaluasi sejarah lahirnya Daulah
Mughal
- Mengevaluasi perkembangan ilmu pengetahuan
dan peradaban pada masa Daulah Mughal
- Mengevaluasi proses lahirnya Daulah
Syafawi
- Mengevaluasi perkembangan peradaban dan
ilmu pengetahuan pada masa Daulah Syafawi
- Menganalisis kemunduran Islam dan latar
belakang munculnya gerakan tajdid
- Menganalisis tokoh-tokoh pembaruan dalam
Islam dan ide-ide pembaruannya (Ali Pasha, Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad
Abduh, Rasyid Ridha, Muhammad Iqbal)
- Menganalisis nilai positif dari gerakan
pembaruan dunia Islam
- Menganalisis pengaruh gerakan pembaruan
terhadap perkembangan Islam di Indonesia
- Menganalisis munculnya organisasi Islam
sebagai dampak dari adanya gerakan pembaruan
Materi yang harus termuat di dalam RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MA Kelas 12 semester 1 dan 2 sesuai KMA No 183
- Menganalisis jalur dan proses awal masuknya
Islam di Indonesia
- Menganalisis sejarah kerajaan Islam di
Indonesia
- Menganalisis biografi Walisanga dan perannya
dalam mengembangkan Islam di Indonesia
- Menganalisis peranan kerajaan-kerajaan awal
Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia
- Menganalisis peran umat Islam pada masa
penjajahan dan kemerdekaan
- Menganalisis peran umat Islam pada masa
pascakemerdekaan
- Menganalisis perkembangan Islam di kawasan
Asia Tenggara
- Menganalisis perkembangan Islam di kawasan
Asia Afrika
- Menganalisis perkembangan Islam di dunia
Barat
Tidak ada komentar untuk "Download Contoh RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs dan MA"
Posting Komentar