Widget HTML Atas

Download Contoh RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs dan MA

Download Contoh RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs dan MA - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibentuk harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam menunjukkan pelajaran sehingga hal tersebut sanggup gampang di serap siswa.

  • mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  • Mengintegrasikan literasi
  • Mengintegrasikan keterampilan masa 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); 
  • Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill. 
  • Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan aneka macam acara dan kegiatan pendidikan huruf yang sudah dilaksanakan hingga sekarang

Maka mustahil lagi memakai model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Selain itu, harus ada 3 (tiga) komponen inti dalam SE No 14 tahun 2019 yang harus di terapkan dalam penyusunan RPP DARING SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MTs dan MA, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment), sedangkan komponen lainnya bersifat sebagai pelengkap.

1.    Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk pada Kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar peserta didik. Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.

2.   Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung mencapai Kompetensi Dasar. Meskipun demikian, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik. Di dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.

3.   Penilaian Pembelajaran (Assesment)

Prosedur penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

Dalam RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk tingkat MTs dan MA tentunya juga harus sudah menerapkan prinsip-prinsip secara tertulis untuk direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga akseptor didik memperoleh pengalaman berguru yang efektif dalam membuatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Download juga: Rpp Daring Al-quran Hadis MI

Namun rasanya hal itu seakan sulit dilakukan, mengingat kegiatan belajar harus dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PPJ). Hal ini di instruksikan langsug oleh KEMENDIKBUD untuk mencegah dan mengurangi wabah covid-19 yang melanda indonesia.

Sedangkan materi yang harus termuat dalam setiap RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs dan MA kini mesti sesuia dengan KMA terbaru yang diterbitkan oleh menteri agama yaitu KMA No 183 Tahun 2019, berikut adalah materi yang harus termuat di setiap jenjang mulai dari kelas 7 hingga kelas 12

RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs dan MA

Materi yang harus termuat di dalam RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs Kelas 7 semester 1 dan 2 berdasarkan KMA No 183

  • Menganalisis misi Nabi Muhammad Saw. Sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta
  • Menganalisis strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah
  • Menganalisis strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah
  • Menganalisis sejarah Nabi Muhammad Saw dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi
  • Menganalisis berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
  • Menganalisis perkembangan peradaban Islam pada masa Daulah Umayyah
  • Menganalisis ilmuwan muslim dan perannya dalam memajukan peradaban Islam pada masa Daulah Umayyah
  • Menganalisis sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis

Materi yang harus termuat di dalam RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs Kelas 8 semester 1 dan 2 berdasarkan KMA No 183

  • Menganalisis sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah
  • Menganalisis perkembangan peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah
  • Menganalisis tokoh ilmuwan muslim Ali bin Rabban at-Tabari, Ibnu Sina, ar-Razi (ahli kedokteran), Al-Kindi, Al-Gazali, Ibnu Maskawaih (ahli filsafat), Jabir bin Hayyan ahli kimia), Muhammad bin Musa alKhawarizmi (ahli astronomi) dan perannya dalam kemajuan peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah
  • Menganalisis para ulama penyusun kutubussittah (ahli hadis), empat imam mazhab (ahli fikih), Imam At-Tabari, Ibnu Katsir (ahli tafsir) dan perannya dalam kemajuan peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah
  • Menganalisis sejarah berdirinya Daulah Ayyubiyah
  • Menganalisis perkembanga.n peradaban Islam pada masa Daulah Ayyubiyah
  • Menganalisis semangat juang para pemimpin Daulah Ayyubiyah yang terkenal (Shalahuddin al-Ayyubi, Al Adil dan Al Kamil)
  • Menganalisis peran ilmuwan mu slim pada masa Daulah Ayyubiyah dalam kemajuan peradaban Islam
  • Menganalisis sejarah Daulah Mamluk da.lam membangun peradaban Islam di Mesir

Materi yang harus termuat di dalam RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs Kelas 9 semester 1 dan 2 berdasarkan KMA No 183

  • Menganalisis sejarah penyebaran Islam di Indonesia
  • Menganalisis sejarah kerajaan Islam di Indonesi
  • Menganalisis perkembangan pesantren dan peranannya dalam dakwah Islam di Indonesia
  • Menganalisis nilai-nilai Islam dan kearifan lokal dari berbagai suku di Indonesia
  • Menganalisis biografi Walisanga dan perannya dalam mengembangkan Islam
  • Menganalisis biografi tokoh penyebar Islam di berbagai wilayah Indonesia
  • Menganalisis biografi tokoh pendiri organisasi kemasyarakatan Islam di Indonesia

Materi yang harus termuat di dalam RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MA Kelas 10 semester 1 dan 2 berdasarkan KMA No 183

  • Menganalisis kebudayaan masyarakat Mekah sebelum Islam
  • Menganalisis substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. Periode Mekah
  • Menganalisis peristiwa hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat
  • Menganalisis kebudayaan masyarakat Madinah sebelum Islam
  • Menganalisis strategi dakwah Rasulullah pada periode Madinah
  • Menganalisis substansi dari Piagam Madinah (Mitsaq al-Madinah)
  • Menganalisis keberhasilan Makkah faktor-faktor Fathu Makkah
  • Menganalisis proses pemilihan Khulafaur Rasyidin
  • Menganalisis substansi dan strategi dakwah Khulafaur Rasyidin
  • Menganalisis proses lahirnya Daulah Umayyah di Damaskus
  • Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah di Damaskus
  • Menganalisis sejarah lahirnya Daulah Umayyah di Andalusia
  • Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah di Andalusia

Materi yang harus termuat di dalam RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MA Kelas 11 semester 1 dan 2 berdasarkan KMA No 183

  • Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Abbasiyah
  • Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah
  • Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Usmani
  • Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Usmani
  • Mengevaluasi sejarah lahirnya Daulah Mughal
  • Mengevaluasi perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Daulah Mughal
  • Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Syafawi
  • Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Syafawi
  • Menganalisis kemunduran Islam dan latar belakang munculnya gerakan tajdid
  • Menganalisis tokoh-tokoh pembaruan dalam Islam dan ide-ide pembaruannya (Ali Pasha, Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Ridha, Muhammad Iqbal)
  • Menganalisis nilai positif dari gerakan pembaruan dunia Islam
  • Menganalisis pengaruh gerakan pembaruan terhadap perkembangan Islam di Indonesia
  • Menganalisis munculnya organisasi Islam sebagai dampak dari adanya gerakan pembaruan

Materi yang harus termuat di dalam RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MA Kelas 12 semester 1 dan 2 sesuai KMA No 183

  • Menganalisis jalur dan proses awal masuknya Islam di Indonesia
  • Menganalisis sejarah kerajaan Islam di Indonesia
  • Menganalisis biografi Walisanga dan perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia
  • Menganalisis peranan kerajaan-kerajaan awal Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia
  • Menganalisis peran umat Islam pada masa penjajahan dan kemerdekaan
  • Menganalisis peran umat Islam pada masa pascakemerdekaan
  • Menganalisis perkembangan Islam di kawasan Asia Tenggara
  • Menganalisis perkembangan Islam di kawasan Asia Afrika
  • Menganalisis perkembangan Islam di dunia Barat

Silahkan klik link dibawah untuk Download Rppnya secara gratis

RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

Tidak ada komentar untuk "Download Contoh RPP Daring Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs dan MA"