Widget HTML Atas

Download Contoh RPP Daring SARPRAS SMK

Download Contoh RPP Daring SARPRAS SMK - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibentuk harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam menunjukkan pelajaran sehingga hal tersebut sanggup gampang di serap siswa.

  • mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  • Mengintegrasikan literasi
  • Mengintegrasikan keterampilan masa 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); 
  • Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill. 
  • Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan aneka macam acara dan kegiatan pendidikan huruf yang sudah dilaksanakan hingga sekarang

Maka mustahil lagi memakai model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan acara yang rencananya akan diubahsuaikan dengan 5 hari berguru atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

Selain itu, harus ada 3 (tiga) komponen inti dalam SE No 14 tahun 2019 yang harus di terapkan dalam penyusunan RPP DARING SARPRAS, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment), sedangkan komponen lainnya bersifat sebagai pelengkap.

1.    Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk pada Kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar peserta didik. Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.

2.   Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung mencapai Kompetensi Dasar. Meskipun demikian, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik. Di dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.

3.   Penilaian Pembelajaran (Assesment)

Prosedur penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

Dalam RPP Daring SARPRAS SMK tentunya sudah harus menerapkan prinsip-prinsip pedagogis secara tertulis untuk direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga akseptor didik memperoleh pengalaman berguru yang efektif dalam membuatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Namun rasanya hal itu seakan sulit dilakukan, mengingat kegiatan belajar harus dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PPJ). Hal ini di instruksikan langsug oleh KEMENDIKBUD untuk mencegah dan mengurangi wabah covid-19 yang melanda indonesia.

Adapun materi yang ada pada Rpp Daring SARPRAS Kelas 11 dan 12 mengacu padad SK DIRJEN 330 

Contoh Rpp Daring SARPRAS

RPP Daring SARPRAS SMK

Download Contoh Rpp Daring SARPRAS Kelas 11

Download Contoh Rpp Daring SARPRAS Kelas 12

Yang gak mau pusing mikirin RPP silahkan kunjungi link berikut DOWNLOAD RPP

Tidak ada komentar untuk "Download Contoh RPP Daring SARPRAS SMK"